Lompat ke isi utama

Berita

Tingkatkan Kinerja Pengawas Lapangan, Bawaslu KBB Lakukan Monitoring Uji Petik Coklit di Setiap Panwascam

Monitoring Coklit

Koordiv P2HM, Ridwan Raharja melakukan Monitoring dan Supervisi ke Panwaslu Kecamatan Cililin pada Minggu (14/7/2024)

Bandung Barat, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu Kabupaten Bandung Barat c.q. Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat (P2HM) melaksanakan Monitoring dan Supervisi Pengawasan Coklit di Setiap Kecamatan di Kabupaten Bandung Barat terhitung sejak 9 Juli 2024 sampai dengan 18 Juli 2024. 

Ridwan Raharja memandang penting Monitoring dan Supervisi perlu dilakukan. "Tujuannya adalah memastikan kualitas kerja pencegahan dan pengawasan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan kualitas kerja yang konsisten, mendeteksi masalah sejak dini untuk mengambil tindakan korektif yang cepat dan efektif, memberikan dukungan dan bimbingan kepada Pengawas Ad-Hoc dalam mengatasi kesulitan yang dihadapi, menjaga kepatuhan terhadap prosedur, evaluasi kinerja, dan mendukung pencapaian tujuan lembaga", pungkas Ridwan saat kunjungan Monitoring.  

Dalam supervisi ke Panwaslu Kecamatan, dilakukan dialog dengan Panwaslu Kecamatan beserta PKD. Setiap PKD dihadirkan untuk dapat memberikan pandangan, bertanya, bahkan berdiskusi khususnya terkait permasalahan di lapangan. Penting mendengar masukan kendala, keluhan pengawas di lapangan untuk menemukan solusi untuk masalah yang ada. Soliditas semua pengawas sangat penting dalam mendukung proses pengawasan pemutakhiran daftar pemilih. Dengan adanya koordinasi dan kerja sama yang baik, proses pengawasan pemutakhiran daftar pemilih dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien. Pengawas yang solid akan mampu mengatasi tantangan yang muncul selama proses pemutakhiran daftar pemilih dan memastikan hasil yang akurat serta dapat dipertanggungjawabkan. 

Uji Petik

Selain dialog, Bawaslu KBB melakukan Patroli Kawal Hak Pilih untuk menjamin hak suara warga negara. Patroli kawal hak pilih membantu memastikan bahwa setiap warga negara yang berhak memilih terdaftar dan nantinya dapat menggunakan hak suaranya tanpa hambatan. Pengawalan hak pilih adalah bagian integral dari proses demokrasi yang sehat. Ini memastikan bahwa setiap pemilu dilaksakan secara adil, bebas, transparan, sesuai prinsip demokrasi. Uji Petik Data Pemilih dilakukan oleh PKD terhadap data pemilih yang sudah di-coklit oleh Pantarlih. Dalam uji petik, Bawaslu melakukan penelusuran untuk memastikan stiker coklit telah ditempel di rumah pemilih sekaligus memastikan data pemilih yang telah terdaftar. 

 

Penulis: Bunga Putri Nauli
Editor: Ridwan Raharja

Foto: Habibulloh